Sabtu, 16 November 2013

MANUSIA DAN IPTEKS
    Diajukan untuk memenuhi tugas
Mata Kuliah : Pendidikan Lingkungan Sosial, Budaya dan Teknologi
       Dosen Pengampu: Kusliana, M.Pd

Untitled-3.jpg
Disusun Oleh:
Neneng Widiyantini. S ( 111223070 )
Toto Riyanto ( 111223102 )
Edi Kusmaedi ( 111223028 )
Riky Kusumah ( 111223082 )
Semester V

PRODI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN
Jl. Cigugur No.28 Kuningan
2013

KATA PENGANTAR
Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan anugerahNya kepada kita semua. Terima kasih kami sampaikan kepada Dosen Pembimbing Bapak Kusliana, M.Pd dan semua pihak yang telah membantu melancarkan pembuatan Makalah ini.
Dibutuhkan kerjasama untuk menyusun makalah ini. Kerjasama juga dibutuhkan dalam mencari materi untuk melengkapi makalah ini. Oleh karena itu kami berusaha menggalang kerjasama dengan semua pihak untuk kelancaran dan keberhasilan pembuatan laporan ini. Selain itu, kami juga mendapat beberapa kendala saat mencari materi maupun pada waktu penyusunan makalah. Tetapi kami terus berusaha untuk menghadapi kendala yang ada.
              Selain itu, kami juga mengharap kritik dan saran dari semua pihak yang dapat kami jadikan koreksi dalam pembuatan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan dapat digunakan dengan sebaik mungkin sehingga akan menghasilkan hasil yang memuaskan dan sesuai keinginan.






Penulis

i

DAFTAR ISI

Hal
KATA PENGANTAR………………………………………………………………….               i
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………....               ii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………………              1
1.1 Latar Belakang………………………………………………………………..              1
BAB II PEMAPARAN MATERI……………………………………………………….             2
2.1 Pengertian IPTEKS……………………………………………………………             2
2.2 Manusia Sebagai Subjek dan Objek IPTEKS…………………………………             3
2.3 Manfaat Manusia Sebagai Subjek dan Objek IPTEKS………………………..             3
2.4 Makna IPTEKS bagi Manusia…………………………………………………             4
BAB III PENUTUPAN………………………………………………………………….             5
3.1 Kesimpulan…………………………………………………………………….             5
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………….            6








ii


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
IPTEKS merupkan singkatan dari Ilmu Pengetahuan (science) Teknologi dan Seni. Menurut Ashley Montagu menyebutkan bahwa:
“Science is a systemized knowledge services form observation, study, and experimentation carried on under determine the nature of principles of what being studied”

Dapat diartikan, ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang disusun dalam suatu system yang berasal dari pengamatan, studi dan pengalaman untuk menentukan hakikat dan prinsip hal yang sedang dipelajari. Sedangkan menurut Drs. H. Ali As’ad dalam buku Ta’limul Muta’allim menafsirkan ilmu sebagai : “Ilmu adalah suatu sifat yang kalau dimiliki oleh seorang maka menjadi jelaslah apa yang terlintas di dalam pengertiannya.”

Dengan adanya Ilmu pengetahuan maka dapat tercipta teknologi, yang pada akhirnya dapat memudahkan kehidupan manusia. Baik Ilmu pengetahuan dan teknologi berasal dari manusia. Manusia merupakan subjek IPTEKS sebab manusialah yang menciptakan IPTEKS tersebut. Dan IPTEKS diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia (manusia sebagai objek IPTEKS).






1



BAB II
PEMAPARAN MATERI

2.1 Pengertian IPTEKS
IPTEKS merupkan singkatan dari Ilmu Pengetahuan (science) dan Teknologi. Menurut Ashley Montagu menyebutkan bahwa ilmu pengetahuan adalah pengetahuan yang disusun dalam suatu system yang berasal dari pengamatan, studi dan pengalaman untuk menentukan hakikat dan prinsip hal yang sedang dipelajari.
Sedangkan Teknologi menurut Prayitno dalam Ilyas dapat didefinisikan sebagai ilmu terapan dari rekayasa yang diwujudkan dalam bentuk karya cipta manusia yang didasarkan pada prinsip ilmu pengetahuan.
Seni menurut Ki Hajar Dewantara, merupakan segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah hingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa IPTEKS merupakan ilmu pengetahuan yang disusun dalam suatu sistem yang berasal dari pengamatan, studi dan pengalaman untuk menentukan hakikat dan prinsip hal yang sedang dipelajari dan dituangkan dalam sebuah perangkat ide, metode, teknik benda-benda material yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.




2



2.2  Manusia Sebagai Subjek dan Objek IPTEKS

Manusia merupakan asal terciptanya IPTEK, oleh karena itu manusia disebut sebagai Subjek IPTEK. Manusia dengan ilmu pengetahuan yang ia miliki terus melakukan pengamatan dan analisis untuk menemukan idea atau gagasan yang dapat mempermudahkan manusia dalam melakukan kegiatannya dalam kehidupan sehari-hari. Ide atau gagasan tersebut dituangkan manusia dalam teknik/cara ataun benda-benda yang dapat digunakan manusia-manusia lainnya untuk memudahkan kehidupan mereka.

Manusia juga disebut sebagi Objek IPTEK sebab manusia adalah pengguna dari IPTEK tersebut (yang telah diciptakan manusia). sehingga dapat disimpulkan bahwa manusia membuat IPTEK untuk manusia itu sendiri dan manusia-manusia lainnya.


2.3  Manfaat Manusia Sebagai Subjek dan Objek IPTEKS
Berkat kemajuan ilmu dan teknologi manusia dapat menciptakan alat-alat serta perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan. Dengan ilmu dan teknologi tumbuhlah berbagai industri yang hasilnya dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang antara lain :
a.       Dalam bidang pertanian, peternakan dan perikanan.
·     Mampu menciptakan alat pertanian yang maju seperti traktor, alat pemotong, dan  penanam, alat pengolah hasil pertanian, dan alat penyemprot hama. Dengan alat-alat tersebut diharapkan manusia dapat menggunakan waktu dan tenaga lebih efektif dan efisien.
·     Produksi pupuk buatan dapat membantu menyburkan tanah, demikian juga dengan produksi pestisida dapat memungkinkan pemberantasan hama lebih berhasil, sehingga produksi pangan dapat ditingkatkan.


3


b.      Dalam Bidang Kedokteran Dan Kesehatan
Dengan hasilnya manusia menciptakan alat-alat operasi mutakhir, bermacam-macam obat, penggunaan benda radioaktif untuk pengobatan dan mendiagnosis berbagai penyakit. Sehingga berbagai penyakit dapat dengan segera disembuhkan. Dan dapat menurunkan angka kematian dan mortalitas. Contoh obat yang mengandung unsure radioaktif adalah isoniazid yang mengandung c radioaktif. Sangat efeektif menyembuhkan penyakit TBC.

c.        Dalam bidang Telakomunikasi
Manusia telah membuta televise, radio, telepon yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan cepat dalam waktu yang singkat. Manusia dapet memperoleh informasi dari daaerah yang sangat jauh, sehingga penggunaan waktu sangat efisien.

d.      Dalam bidang Pertahanan dan Keamanan
Manusia telah mampu menciptakan alat atau persenjataan yang sangat canggih, sehingga dapat mempertahankan keamanan wilayahnya dengan baik. Sayangnya senjata itu digunakan secara semena-mena.
2.4  Makna IPTEKS bagi Manusia
  Salah satu dari perkembangan IPTEK yaitu, rekayasa genetika, kultur jaringan, bayi tabung, pupuk buatan, perkembangan tersebut amat berguna bagi manusia dalam meningkatkan kulitas serta kuantitas pangan. IPTEKS juga amat berguna dalam membantu atau mempermudah kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari, misalanya kendaraan yang membantu manusia dalam bekerja, televisi yang dapat memberikan hiburan bagi manusia, bahkan sampai yang dapat membantu manusia dalam berkomunikasi dan bertukar informasi dengan seluruh manusia lainnya yang ada di berbagai belahan dunia. Namun dengan adanya IPTEK ditengah-tengah manusia juga dapat berdampak pada berubahnya tatanan social di masyarakat serta bergesernya atau bahkan hilangnya budaya yang ada di masyarakat.
4

BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Berkat kemajuan ilmu dan teknologi manusia dapat menciptakan alat-alat serta perlengkapan yang canggih untuk berbagai kegiatan, sehingga dalam kegiatan kehidupannya tersedia berbagai kemudahan. hal ini memungkinkan manusia dapat melakukan kegiatan dengan lebih efisien dan efektif. dengan ilmu dan teknologi tumbuhlah berbagai industri yang hasilnya dapatdimanfaatkan dalam berbagai bidang. Teknologi dapat membawa dampak positif berupa kemajuan dan kesejahteraan manusia sebaliknya dapat berdampak negatif berupa ketimpangan-ketimpangan dalam kehidupan manusia dan lingkungannya yang berakibat kehancuran alam semesta. netralitas teknologi dapat digunakan untuk kemanfaatan sebesar-besamya bagi kehidupan manusia dan atau digunakan untuk kehancuran manusia itu sendiri.






5


DAFTAR PUSTAKA















6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MATERI III PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN KELAS XII TKJ SMK MUHAMMADIYAH LARANGAN BREBES

B A B I I I T EK N I K P E N U LIS A N 3 .1     M ed i a Pe nu li s a n 3 . 1 .1     S am pu l S a m p u l     T u g a s  ...